Posted by : Unknown Rabu, 02 Juli 2014



Hasil wawancara pernikahan

Hasil wawancara saya dengan saudara Agus Riswanto umur 45 tahun dan saudari Vivi Amelia umur 49 tahun.
1       Bagaimana proses kamu berkenalan, sampai menikah?
·         Dari teman diperkenalkan hingga sampai menikah.
2      Apa saja persiapan kamu menjelang pernikahan?
·         menyiapkan segala persiapan pernikahan seperti : undangan, surat-surat nikah, dll.
3      Apa anda merasa deg-deg’kan atau rasa grogi saat terjadi ijab qobul?
·         Rasa itu pasti kita alami, saat ijab kabul.
4      Kenapa anda deg-deg’kan saat acara ijab qobul?
·         Karena saya baru pertama kali menikah.
5      Perubahan apa yang kamu rasakan setelah menikah?
·  Biasanya melakukan aktivitas saya biasanya sendiri sekarang ada yang menemani dan lebih memperhatikan saya.
6      Setelah kamu menikah apakah kamu ingin cepat memiliki anak?
·         Jelas, semua pasangan pasti ingin mempunyai momongan yang akan meneruskan garis keturunan saya.
7      Seandainya di kasih anak, maunya laki-laki atau perempuan?
·         Menurut saya, di kasih Allah anak laki-laki atau perempuan sama saja.
8      Masalah apa saja yang kamu hadapi setelah menikah?
·         Perbedaan pendapat, sering timbulnya rasa cemburu antara saya dengan istri saya.
9      Berapakah anda mempunyai seorang anak saat ini?
·         Saya mempunyai anak 4, 1 laki-laki dan 3 perempuan.
1      Bagaimana hubungan anda dengan anak-anak anda?
·         Sangat baik tidak ada masalah.
1      Bagaimana hubungan anda saat ini dengan pasangan anda?
·         Baik-baik saja meski ada pertengkaran dapat diatasi bersama-sama.
 1      Apakah anda merasa bahagia dengan pasangan anda?
·         Bahagia dan tidak merasa bosan dengan istri saya.

Jadi dari hasil wawancara pernikahan saudara Agus Riswanto dengan saudari Vivi Amelia yang sudah menikah hampir mau 50 tahun itu yang memiliki 4 seorang anak, 1 laiki-laki dan  3 perempuan. Disini saya ingin menceritakan keadaan suasana kehidupan dalam sebuah pernikahan yang sudah berpuluan tahun merasakan arti sebuah kehidupan rumah tangga. Banyak permasalahan dalam sebuah hubungan rumah tangga dalam ikatan pernikahan. Konflik yang dihadapi oleh keluarga Agus Riswanto banyaknya perbedaan pendapat, terkadang saling masih egois tetapi dalam hubungan rumah tangga tersebut permasalahan apupun selalu dihadapi bersama-sama dari kekurangan tersebut dapat diatasi sebisa mungkin dan sampe saat ini hubungan keluarga baik-baik saja meski ada pertengkaran salah satu ada yang saling mengalah agar hubungannya bisa kembali normal.      

PERNIKAHAN

Pernikahan atau nikah artinya adalah terkumpul dan menyatu. Menurut istilah lain juga dapat berarti Ijab Qobul (akad nikah) yang mengharuskan perhubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh kata-kata yang ditujukan untuk melanjutkan ke pernikahan, sesusai peraturan yang diwajibkan oleh islam. Kata zawaj digunakan dalam Al-Quran artinya adalah pasangan yang dalam penggunaannya pula juga dapat diartikan sebagai pernikahan, Allah s.w.t. menjadikan manusia itu saling berpasangan, menghalalkan pernikahan dan mengharamkan zina Pernikahan adalah satu ikatan yang membukakan banyak tabir keharamaan di antara dua insan, dan merubahnya menjadi ladang ibadah yang penuh barakah,  halal dan syar’i. Bersentuhan antara dua insan nonmuhrim yang pada awalnya haram, setelah melewati ritual pernikahan menjadi halal. Jika sebelum terikat pernikahan, memandang atau saling memandang adalah perbuatan yang diharamkan, maka setelah melewati prosesi pernikahan akan menjadi ibadah yang dibutuhkan dan sangat dianjurkan. Pernikahan adalah pembuka gerbang kehalalan bagi dua insan.


cara agar hubungan pernikahan tetap awet dan bahagia :

1. Jangan mendikte pasangan
Setelah menikah, sebaiknya Anda tidak mendikte pasangan untuk selalu mengikuti semua perkataan yang dilontarkan. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa membuatnya merasa jengkel hingga menimbulkan pertengkaran. Untuk itu, hindari hal tersebut dan percayalah pada pasangan agar hubungan pernikahan tetap berjalan harmonis.

2. Selalu menjalin komunikasi
Komunikasi sangat penting dijalin saat seseorang sedang mejalin hubungan cinta. Dengan terjalinnya komunikasi tentunya meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Untuk itu, setiap pasangan disarankan agar lebih terbuka dengan pasangan. Jika ada sesuatu hal yang tidak disenangi, maka katakanlah secara baik-baik. Jangan menyimpannya untuk diri sendiri saja.

3. Menerima kekurangan pasangan
Anda perlu ingat bahwa setiap manusia tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika pasangan terlihat kurang sempurna, maka Anda harus terima itu. Selain itu, Anda juga jangan melihat kekurangan yang dimilikinya saja. Lihatlah segala kelebihan yang dimiliki dan rasa cintanya kepada Anda.

4. Menjaga keintiman
Keintiman merupakan salah satu faktor penting dalam rumah tangga. Tanpa adanya itu, pernikahan bisa berjalan tidak harmonis. Untuk itu, pastikan Anda dan pasangan tetap menjaga keintiman. Jangan biarkan pekerjaan menghilangkan keintiman dalam hubungan asmara Anda.

5. Jangan membatasi ruang geraknya
Walaupun sudah menikah, namun sebaiknya Anda tidak membatasi ruang geraknya. Biarkan pasangan tetap berkumpul dan bergaul dengan teman-temannya serta menghabiskan waktu tanpa Anda. Hal tersebut juga bisa Anda lakukan untuk mencegah kebosanan dan kejenuhan. Itulah cara agar hubungan pernikahan tetap awet dan bahagia. Pada intinya, Anda dan pasangan harus bisa menjaga hubungan pernikahan itu dengan berbagai cara. Jangan sampai hubungan pernikahan kandas hanya karena ada kesalah pahaman.



Nama : Fanni Juliyani
Kelas : 2PA06
NPM : 12512750

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Fanni Juliyani - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -