Posted by : Unknown Selasa, 22 September 2015

Sistem Informasi Psikologi (SIP)

1. Definisi Sistem
Menurut Hanif Al Fatta (2007) sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabel-variabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi, dan saling bergantung sama lain.
Menurut Samiaji Sarosa (2008) sistem adalah sekumpulan komponen atau subsistem, sehingga sistem terdiri dari beberapa subsistem dan demikian juga sebaliknya.
Menurut Ana Kurniawati, (2009) Sistem adalah Kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.
2. Definisi Informasi
Menurut Zulkifli Amsyah (2010) informasi adalah data yang sudah diolah ke dalam bentuk tertentu sesuai dengan keperluan pemakaian informasi tersebut.
Menurut Hendi Haryadi (2011) informasi dapat didefinisikan sebagai hasil pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata yang dihgunakan untuk pengambilan keputusan.
Menurut Kusrini & Andri Kaniyo (2012) informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.
3. Definisi Psikologi
Menurut Murphy (dalam Sarwono, 2013) Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya. 
4. Metode Untuk Mendapatkan Sistem Informasi
a) Pengamatan langsung yaitu untuk mendapatkan suatu informasi yang diinginkan bisa dilakukannnya dengan cara melihat suatu peristiwa-peristiwa yang diamati secara langsung.
b) Wawancara yaitu dimana untuk mendapatkan informasi yang diinginkan bisa dilakukannya dengan cara menanyakan pertanyaaan kepada seseorang untuk mendapatkan informasi yang diinginkan
c) Daftar pertanyaan yaitu informasi dapat diperoleh melalui serangkain pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan. Hal ini dapat berbentuk kuesioner, self report, survey kebeberapa narasumber, dan lain sebagainya.
5. Sistem Informasi Psikologi
    Menurut Kusrini & Andri kaniyo (2009) sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi berguna dalam pengambilan keputusan.
    Menurut Irene Joos, dkk (2010) sistem informasi adalah suatu sistem yang memiliki tujuan sendiri untuk menghasilkan informasi dengan menggunakan sistem input/proses/output.
    Menurut Chr. Jimmy L. Gaol (2011) sistem informasi psikologi bertujuan mendapatkan pemahaman bagaimana manusia pembuat keputusan merasa dan menggunakan informasi formal.
6. Contoh Kasus
Pada contoh kasus yang ada, saya pernah mengikutin tes kepribadian yang menjawab beberapa serangkaian pertanyaan yang setiap pertanyaan jika menjawab akan menunjukkan bagaimana kepribadian kita saat itu.
7. Analisis Kasus
Berdasarkan contoh kasus tersebut kita dapat melihat bahwa sistem informasi dalam psikologi bisa mempercepat pengguna dalam menerima hasil tes tersebut, dibanding jika harus menunggu hasil tes yang dilakukan secara tertulis. Namun, dengan demikian masih ada kekurangan dalam hal validitas dan keakuratan tes, karenabelum tentu didukung oleh para profesional dibidangnya. 
8. Kesimpulan
Dengan kata lain sistem informasi psikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia yang dimana manusia dapat memproses informasi dengan mengolah data yang diterima agar menjadi informasi yang baik. Didalam perkembangan zaman saat ini yang memiliki kemajuan yang sangat pesat mengenai sebuah sistem yang dimiliki, didalam ilmu psikologi dengan adanya sistem dapat memberikan manfaat ya baik diantaranya dalam bidang konseling, alat tes, dan laboratorium psikologi yang menggunakan prinsip komputer.                    Pada bidang konseling sebagai contohnya banyak psikolog luar yang menggunakan virtual online untuk dijadikan konseling secara langsung. Pada alat tes sebagai contoh banyaknya software-software tentang alat yang digunakan untuk perusahaan dalam memberikan psikotes secara online. Pada laboratorium psikologi yang menggunakan sistem komputer dimana pada saat ini banyak kampus-kampus yang menggunakan labaratorium yang digunakan untuk praktek psikologi yang berbasis komputer.


DAFTAR PUSTAKA

Fatta, H.A. (2007). Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit           Andi. (Google Book)
Fitriyah, L., & Jauhar, M. (2014). Pengantar psikologi umum. Jakarta: Prestasi     Pustakaraya.
Gaol, C. J. (2008). Sistem informasi manajemen pemahaman dan aplikasi. Jakarta: PT.     Grasindo. (Google Book)
Joos, I. Dkk. (2009). Belajar Cepat Komputer: Panduan untuk Profesi Kesehatan (ed.3).   Jakarta: EGC. (Google Book)
Kusrini & Kaniyo, A. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi             dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi.    (Google Book)

Sarwono, W. S. (2010). Pengantar psikologi umum. Jakarta: Rajawali Pers


Nama : Fanni Juliyani
Kelas : 4 PA 06
NPM : 12512750

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Fanni Juliyani - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -