- Back to Home »
- 8. PSIKOLOGI DAN INTERNET DALAM LINGKUP INTERPERSONAL
Posted by : Unknown
Minggu, 24 November 2013
I.
Pendahuluan
a.
Latar belakang
Untuk melaksanakan pekerjaan secara bersama dalam sebuah
group, setiap anggota group menyadari kehadiran anggota lain pada group,
dibutuhkan suatu software yaitu CSCW atau Computer Supported Cooperation Work yang mana merupakan
suatu group user yaitu bagaimana cara merancang suatu system yang digunakan
untuk membantu pekerjaan sebagai suatu group dan bagaimana memahami dampak dari
suatu teknologi pada pola pekerjaan mereka.
b.
Rumusan masalah
1. Apakah yang dimaksud dengan Computer Supported Cooperation Work?
2. Bagaimana konsep dasar Computer Supported Cooperation Work yang
mendukung interaksi sesama pengguna
computer?
c.
Tujuan
1. Dapat menjelaskan
pengertian Computer Supported
Cooperation Work.
2. Dapat menjelaskan
konsep dasar CSCW yang mendukung interaksi antar pengguna
computer.
II.
Analisa dan Pembahasan
Computer Supported
Cooperation Work
Pada dasarnya , CSCW melampaui teknologi itu sendiri
membangun dan melihat bagaimana orang bekerja dalam kelompok dan organisasi dan
dampak teknologi pada proses-proses . CSCW telah membawa sebagian besar dari
penyatuan antara ilmuwan sosial dan teknologi sebagai pengembang bekerja sama
untuk mengatasi kedua masalah non-teknis teknis dalam ruang pengguna yang sama
. Sebagai contoh, banyak R & D profesional yang bekerja dengan CSCW adalah
ilmuwan komputer yang telah menyadari bahwa faktor-faktor sosial memainkan peran
penting dalam pengembangan sistem kolaboratif . Di sisi lain , banyak ilmuwan
sosial yang memahami meningkatnya peran teknologi dalam dunia sosial kita
menjadi " teknologi " yang bekerja di laboratorium R & D untuk
mengembangkan sistem koperasi .
Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene
Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984,
pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan
teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pada kesempatan yang sama
pada tahun 1987, Dr. Charles
Findley mempresentasikan konsep collaborative learning-work. CSCW
mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi
didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW
dengan groupware, namun yang lain
mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis
komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari
groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara
psikologi maupun sosial.
Definisi yang diajukan mempertegas perbedaan di antara dua konsep ini: CSCW
adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang
bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait,
layanan, dan teknik.
Selama bertahun-tahun, penelitian CSCW utama telah berfokus
pada pemahaman dan mengembangkan teknologi yang dapat mendukung interaksi
langsung dalam kelompok kecil. pada kenyataannya, lapangan sering didefinisikan
dalam istilah 'kerja kelompok' atau bahkan 'kelompok kecil'. muka dengan muka
percakapan secara implisit diambil sebagai paradigma interaksi manusia, dan
dibandingkan semua bentuk lain dari interaksi manusia dipandang sebagai miskin.
Motivasi untuk fokus ini secara umum kebutuhan diduga untuk teknologi yang
dapat membantu bekerja sama aktor untuk meniru interaksi langsung seperti
melalui jarak fisik.
III.
Kesimpulan
Definisi yang diajukan mempertegas perbedaan di antara dua konsep ini: CSCW
adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang
bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait,
layanan, dan teknik. Selama bertahun-tahun, penelitian CSCW utama telah
berfokus pada pemahaman dan mengembangkan teknologi yang dapat mendukung
interaksi langsung dalam kelompok kecil. pada kenyataannya, lapangan sering
didefinisikan dalam istilah 'kerja kelompok' atau bahkan 'kelompok kecil'. muka
dengan muka percakapan secara implisit diambil sebagai paradigma interaksi
manusia, dan dibandingkan semua bentuk lain dari interaksi manusia dipandang
sebagai miskin.
Referensi :
1. Schmidt, K. (2011). Cooperative work and coordinative practices : Contributions to the conceptual foundations of computer-supported cooperative work (CSCW). London : Springer.
Nama : Fanni Juliyani
Kelas : 2pa06
NPM : 12512750